Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Tampil Di Monitor

mengatasi komputer nyala tapi tidak tampil di layar

Tips Cara Mengatasi Komputer Nyala Tapi Tidak Tampil Di Monitor - Kamu punya desktop personal computer? Di zaman sekarang ini sih kayaknya lebih banyak yang menggunakan dan beralih ke laptop karena efesien sifatnya portable, bisa dibawa ke mana-mana. Tapi, keberadaan komputer juga masih dibutuhkan. Secara spesifikasi, jauh lebih tangguh komputer dibanding laptop.


Tapi yaa tetap aja di dunia ini gak ada yang sempurna, setangguh-tangguhnya dan secanggih-canggihnya suatu benda tetap bisa rusak, apalagi kalau kurang perawatan. Termasuk komputer, termasuk komputer admin ini, komputer yang digunakan menulis artikel ini. Bisa rusak juga dong :(

Zaman sekarang, komputer bisa dibilang termasuk kebutuhan sehari-hari. Banyak pekerjaan yang harus berhubungan dengan komputer. Tapi, kadang kala penggunaan komputer bermasalah, ada kerusakan atau trouble. Misalnya CPU hidup tapi tidak menyala di monitor, sehingga bisa menghambat pekerjaan kita yang gak bisa lepas dari komputer.

Di sini admin akan berbagi cara mengatasinya, karena kebetulan komputer admin mengalami masalah yang sama beberapa waktu lalu--jadi inspirasi untuk menulis artikel berbagi tips ini--tapi puji syukur komputernya bisa diperbaiki lagi, bisa dipakai kerja lagi, termasuk bisa dipakai menulis artikel ini. Berikut ini mari simak cara mengatasi komputer yang nyala tapi tidak tampil di monitor.

Langkah paling utama untuk memulai memperbaikinya adalah melepas semua kabel data dan power pada perangkat penyimpanan seperti harddisk dan DVD-ROM.

Cara mengatasi komputer hidup tapi tidak tampil di monitor:

1. Periksa Monitor
mengatasi komputer nyala tapi tidak tampil di monitor
Karena masalahnya tidak ada tampilan di monitor, tentu saja langkah pertama adalah dengan mengecek monitor itu sendiri. Pastikan monitor kamu tidak bermasalah. Cara mudah untuk mengeceknya adalah sambungkan monitor kamu ke CPU lain yang normal (kamu bisa meminjam CPU orang terdekat jika hanya punya satu komputer), pastikan monitor kamu berfungsi dengan baik. Pastikan periksa juga kabel-kabel yang terhubung ke monitor terpasang dengan baik.

2. Periksa RAM


ram memory

Selanjutnya yang patut diperiksa adalah memori RAM komputer kamu. RAM berfungsi sebagai penyimpanan sementara juga bisa berpengaruh sebagai penyebab komputer kamu tidak tampil di monitor. Cek apakah RAM tersebut masih dalam kondisi baik atau sebaliknya? Cara mudah untuk mengeceknya adalah lepas RAM lalu pindahkan ke slot lain, biasanya di motherboard terdapat lebih dari satu slot RAM.
Kalau cara tersebut belum berhasil, coba bersihkan RAM. Debu juga bisa menjadi sebab RAM tidak berfungsi. Cara membersihkan RAM adalah menggunakan penghapus karet warna putih, bersihkan bagian kuning RAM menggunakan penghapus, gosok perlahan satu arah. Dan cobalah pasang kembali RAM tersebut.

3. Periksa VGA
vga port
VGA adalah salah satu komponen penting dalam visualisasi komputer. Kalau VGA bermasalah, tentu saja menyebabkan komputer tidak tampil di monitor. Cobalah periksa VGA dari PC kamu.
Pertama, langkahnya adalah coba ganti kabel VGA yang tersambung di komputer kamu dengan kabel VGA yang lain, bisa jadi kan kabel VGA kamu putus atau rusak.
Kedua, kalau kamu menggunakan VGA onboard, coba pasang VGA card untuk memastikan VGA onboard tersebut bermasalah atau masih berfungsi.
Ketiga, kalau VGA yang kamu gunakan adalah VGA card, cobalah ganti dengan VGA card yang lain, atau coba pasang VGA card ke komputer lain karena bisa aja kan slot AGP di motherboard kamu yang bermasalah.

4. Periksa Processor


processor

Processor adalah otaknya komputer, alias bagian paling vital yang ada di komputer. Kalau processor bermasalah, tentu saja berdampak komputer kamu tidak bisa berfungsi, cuma sekedar hidup atau nyala aja.
Biasanya permasalahan processor adalah suhunya yang terlampau panas, dan hal itu yang menyebabkan performanya bermasalah. Cara mengatasinya adalah, berikan termal pasta atau pendingin pada processor supaya suhu processor terjaga dan selalu stabil.

5. Periksa Power Supply


power supply

Power supply juga punya pengaruh terhadap masalah yang sedang kamu hadapi, komputer tidak tampil di monitor bisa disebabkan oleh power supply yang tidak stabil. Lonjakan arus atau pemadaman listrik yang terlalu sering terjadi adalah penyebab power supply kamu tidak stabil. Cobalah mengganti power supply yang terhubung di komputer kamu dengan power supply yang lain.

6. Periksa Motherboard


motherboard

Motherboard yang error bisa menjadi penyebab komputer hidup tapi tidak tampil di monitor. Cobalah lihat dan perhatikan kondisi motherboard pada komputer kamu. Kalau ada kapasitor yang menggelembung atau plat pendingin transistor berubah warna, sebaiknya kamu bawa komputer kamu ke pusat service motherboard karena untuk memperbaiki hal ini harus dilakukan oleh ahlinya.

7. Mengembalikan Pengaturan/Setting BIOS ke Default


bios default

Langkah terakhir nih, langkah ini dilakukan kalau cara-cara di atas tidak berhasil, mengembalikan setting BIOS ke default adalah langkah terakhirnya.
BIOS yang salah bisa menjadi pemicu gangguan komputer termasuk tidak ada tampilan di monitor.
Untuk mengembalikan deafult pengaturan BIOS caranya adalah lepaskan baterai CMOS kemudian memasangkan lagi. Maka, otomatis pengaturan BIOS komputer kamu akan kembali menjadi default. Tapi, kamu harus hati-hati melakukan langkah ini yaa supaya komponen PC lain tidak ikut mengalami kerusakan.

Itulah cara-cara memeriksa dan memperbaiki permasalahan komputer yang hidup atau nyala tapi tidak tampil di layar monitor. Kamu jika bisa meminta bantuan orang-orang terdekat yang sudah ahli dalam menangani masalah komputer agar bisa mengurangi resiko mendapat kerusakan yang lebih parah.

Sekian, semoga berhasil yaa dan semoga info berbagi tips ini bermanfaat. Kunjungi juga unduhlogo.com untuk download logo-logo berformat vector secara gratis.

Daftarkan email kamu, dapatkan update dari manzilku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel