Cara Mengambil Data Dari Komputer Atau Laptop Yang Rusak

Cara Mengambil Data Dari Komputer Atau Laptop Yang Rusak - Bisakah mengambil atau meng-copy data dari komputer atau laptop yang rusak? Jika itu pertanyaan kamu, jawabannya bisa!


Mengambil data dari komputer rusak

Gimana rasanya ketika ada pekerjaan lalu komputer atau laptop kamu rusak, gak bisa nyala, sementara ada data-data penting yang mau kamu gunakan.. Kesel pasti ya. Tenang aja, gak usah panik, data tersebut bisa kamu copy ke komputer atau laptop lain sehingga pekerjaan kamu bisa dilanjutkan dengan komputer atau laptop lainnya untuk sementara waktu sampai kamu sempat untuk memperbaiki PC yang rusak itu.

Beberapa waktu yang lalu juga admin manzilku yang baik hati dan rajin menabung ini mengalami kejadian seperti itu. PC admin rusak mendadak, gak bisa nyala, sementara ada pekerjaan urgent yang data-datanya ada di PC tersebut. Jadi ini berdasarkan pengalaman dan menjadi inspirasi untuk menulis artikel berbagi tips kali ini. Mungkin aja ada orang lain yang mengalami masalah yang sama dan butuh solusinya. Di sini, kamu mengunjungi tempat yang tepat.

Mari simak baik-baik cara mengambil data dari komputer atau laptop yang rusak berikut ini.

Syarat utama untuk 'menyelamatkan' data yang berada di hard disk PC yang rusak atau tidak bisa menyala adalah hard disk tersebut dalam kondisi baik alias tidak termasuk yang rusak. Kalau hard disk-nya rusak mah yaa.. gimana yaa... huhu :(

Oke, jadi anggaplah hard disk-nya gak bermasalah. Gimana cara mengambil data dari hard disk tersebut?

Ubah hard disk tersebut menjadi hard disk eksternal.

Bersyukurlah kamu hidup di zaman canggih. Ada sebuah alat yang bisa digunakan untuk menjadikan sebuah hard disk komputer/laptop menjadi hard disk eksernal. Alat tersebut bernama casing hard disk external. Berikut ini gambar contohnya.

casing hard disk external

"Harganya berapa?"

Cek toko sebelah~

"Belinya di mana?"

Di toko komputer lah.. Masa iya di Apotek :(

Cara menggunakannya termasuk mudah. Lepas dan ambil hard disk dari PC kamu yang rusak lalu pasang atau masukan ke casing hard disk external tersebut, kemudian colokan ke komputer/laptop lain dengan kabel USB yang kamu dapat dari pembelian casing hard disk external tersebut. Setelah data dari hard disk eksternal terbaca di komputer/laptop lain, tinggal copy-paste data-data penting  yang kamu butuhkan.

Oh iya, sebelumnya juga kamu harus tau jenis dari hard disk kamu. Sejauh pengetahuan admin (koreksi kalau salah), ada 5 jenis hard disk, yaitu:
  1. Hard Disk ATA/IDE
  2. Hard Disk SATA
  3. Hard Disk SCSI
  4. Hard Disk SSD
  5. Hard Disk Raid
Permasalahannya, kalau hard disk kamu berjenis ATA, akan sulit mencari casing external-nya. Kalaupun ada, bisa jadi harganya mahal. Kalau kamu termasuk pemilik hard disk berjenis ATA dan ingin membeli casing external-nya, semoga uang kamu banyak yaa :(

Pindahkan Hard Disk ke PC lain

Nah, cara ini cocok untuk kamu yang enggan keluar dana untuk mengatasi masalah alias gak punya uang alias misqiiinnn huhuhu :(
Hard Disk

Untuk melakukan cara ini, kamu gak perlu beli alat apapun, tapi memerlukan sedikit keahlian membongkar komputer. Langkahnya, silakan bongkar CPU kamu yang rusak itu lalu lepaskan dan ambil hard disk-nya. Kemudian pasang hard disk tersebut ke komputer lain, jadikan hard disk tersebut sebagai hard disk secondary supaya sistem yang berjalan tetap mengambil dari hard disk asli komputer tersebut.

"Gimana cara menjadikan hard disk secondary?"

Kalau hard disk kamu berjenis SATA, colokan hard disk tersebut ke Port SATA dua di mainboard komputer lain. Sedangkan kalau hard disk kamu berjenis ATA, pastikan komputer lainnya masih memiliki socket ATA, colokan hard disk tersebut ke socket ATA dua di komputer lain. Kemudian, kamu tau apa yang harus dilakukan, copy-paste atau pindahkan data dari partisi hard disk baru ke partisi hard disk lama. Setelah datanya dipindah, kamu boleh melepas kembali hard disk secondary tersebut ke komputer aslinya.

Sedangkan khusus laptop, kamu bisa memindahkan hard disk laptop ke laptop lainnya TAPI kamu membutuhkan windows yang bisa di-booting langsung dari CD supaya bisa mengambil datanya. Kalau tanpa windows booting CD, mungkin aja saat hard disk laptop digunakan di laptop lainnya menjadi bluescreen atau gak bisa masuk ke sistem operasi.

Nah, itu lah cara yang dapat digunakan untuk mengambil data dari PC yang rusak. Kamu bisa memilih salah satu langkah yang sesuai dengan keadaan kamu untuk mengatasi masalah ini.

Dan sebenarnya, ada cara pencegahan untuk mengatasi masalah ini. Yaitu Sinkronkan data PC kamu ke cloud storage seperti Google Drive secara otomatis berkala supaya data-data kamu aman bahkan saat PC kamu meledak sekalipun. Kelak saat kamu membutuhkan data tersebut, cukup bermodal kuota internet untuk mengakses dan mengunduh data-data tersebut.

Cukup sekian. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca berbagi tips dari Manzilku. Semoga berhasil dan komputer kamu yang rusak lekas kembali bisa digunakan. Kunjungi juga unduhlogo.com untuk download logo-logo berformat vector secara gratis.

Daftarkan email kamu, dapatkan update dari manzilku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel