Cara Memperkecil / Compress Ukuran File PDF

Cara Memperkecil Ukuran file PDF - PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems Inc. untuk keperluan pertukaran dokumen digital.
Bagi khalayak umum, file dengan format .pdf tentu sudah nggak asing lagi. Iyaa kan? Pasti kamu juga sering menggunakannya, atau minimal pernah mendengar namanya. PDF ini identik dengan dunia kerja sebagai pengolahan data. Data-data yang dibuat dengan Microsoft Office biasanya selalu disimpan dalam ekstensi PDF karena terbilang praktis.

PDF FIle
Nah, di artikel Berbagi Tips kali ini, admin mau berbagi cara memperkecil atau compress ukuran file PDF. Karena seperti biasa, penulisan artikel berbagi tips selalu terinspirasi dari kehidupan sekitar. Beberapa hari lalu ada beberapa teman yang bertanya "Gimana sih cara compress file PDF?"

Compress file PDF ini bisa untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk mengunggah data. Beberapa sistem biasanya selalu membatasi ukuran unggah file untuk meringankan beban server. Contohnya untuk pendaftaran CPNS online yang ramai beberapa waktu lalu. Banyak calon PNS yang mempersiapkan data-data persyaratan pendaftaran, nggak sedikit juga yang masih awam dan bertanya kesana-kemari cara memperkecil ukuran file PDF karena ternyata file PDF yang disiapkan melebihi batas ukuran file maksimal yang ditetapkan oleh web sscn.bkn.co.id

Sekarang admin akan memberikan tips 2 cara termudah untuk memperkecil ukuran file PDF. Mari simak baik-baik.

I. Compress PDF Menggunakan Adobe Photoshop

Adobe Photoshop atau lebih dikenal dengan Photoshop lebih umum digunakan untuk memodifikasi gambar atau foto, karena memang itulah fungsi asalnya. Tapi Photoshop juga bisa digunakan untuk memperkecil ukuran file, salah satunya file dengan ekstensi PDF. Cara ini bisa digunakan di sofware Adobe Photoshop versi berapapun. Berikut ini tutorial memperkecil ukuran file PDF melalui Photoshop yang dilengkapi dengan screenshoot supaya lebih mudah dipahami.

1. Siapkan file PDF yang akan di-compress. Dalam tutorial kali ini, contoh file yang akan di-compress adalah Company Profile.pdf dengan ukuran file 13,116 KB.

Compress PDF

2. Buka Adobe Photoshop di PC kamu. Kemudian buka file yang telah disiapkan tadi dengan klik File > Open. Atau yang lebih praktis CTRL + O melalui keyboard.

Resize PDF

3. Kemudian akan muncul windows Import PDF. Pada panel Select, pilih Pages, dan pastikan semua halaman dipilih supaya nantinya nggak ada halaman yang hilang. Setelah itu klik tombol OK.

Perkecil Ukuran PDF

4. Jika file yang akan di-compress terlalu besar ukurannya, akan muncul windows progress, tunggu aja santai sambil minum susu. Kalau ukuran file-nya gak terlalu besar akan langsung terbuka dan bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

5. Setelah progress selesai, klik File > Automate > PDF Presentation...

PDF Compress

6. Setelah itu akan muncul windows PDF Presentation. Pada panel Source File, centang Add Open File dan perhatikan urutan halamannya, pastikan nggak terbalik yaa. Kalau sudah sesuai, klik tombol Save.

PDF Resize

7. Selanjutnya akan muncul windows Save. Ganti nama file-nya supaya nggak menimpa file aslinya. Contohnya di sini admin menamai file-nya menjadi Company Profile - Compressed. Kalau sudah, klik tombol Save.

Perkecil Ukuran PDF

8. Kemudian akan muncul windows Save Adobe PDF. Klik tab Compression lalu klik Image Quality dan pilih Low. Kalau sudah sesuai, klik tombol Save PDF.

How to Compress PDF

9. Nah, proses memperkecil ukuran PDF melalui Photoshop sudah selesai. Selanjutnya coba kamu lihat file yang sudah di-compress tersebut. Lihat perbedaan ukurannya. Di contoh kali ini, file Company Profile yang aslinya berukuran 13,116 KB diperkecil menjadi 2,574 KB

Cara Compress PDF

Begitulah cara memperkecil ukuran file PDF menggunakan Adobe Photoshop. Untuk kamu yang nggak punya software Adobe Photoshop, tenang aja. Ada cara lain yang lebih mudah untuk compress file PDF. Simak cara selanjutnya di bawah ini.

II. Menggunakan Tools Compress PDF Online.

Sebenarnya ada banyak web atau situs yang memberikan layanan compress file PDF. Di sini admin memberikan rekomendasi situs terbaik. Cukup dua rekomendasi aja ya, nggak usah banyak-banyak, nanti kamu bingung milihnya. Kalau cuma dua kan kamu tinggal pilih salah satunya. Pilih aku atau dia? :(

Oke, inilah rekomendasi tools compress PDF secara online.

1. SmallPDF


Compress PDF Online

SmallPDF ini salah satu situs compress PDF online terbesar. Cara menggunakannya gampang aja, Tinggal klik Pilih File lalu klik file yang akan kamu compress atau langkah praktisnya tinggal drag aja file tersebut ke kotak berwarna merah. Kalau sudah, tinggal tunggu beberapa saat sampai proses compress selesai. Kalau sudah selesai klik Unduh File Sekarang. Beres. Gampang kan..

2. PDFCompressor


Perkecil PDF Online

PDFCompressor ini alternatif untuk compress file PDF secara online. Kalau misalnya aja gitu layanan di SmallPDF mengecewakan, kamu bisa coba compress file kamu di sini. Cara menggunakannya juga gampang banget, kurang lebih sama aja kaya layanan compress PDF online lainnya, dan kayaknya gak perlu admin jelasin juga ya, liat aja itu screenshoot-nya udah jelas tertera cara menggunakannya.

Nah, jadi itulah 2 cara mudah untuk memperkecil ukuran file PDF, kamu tinggal pilih salah satu cara tersebut yang sesuai dengan keadaan kamu.

Tapi, dari dua cara tersebut admin menghimbau utamakan dan usahakan menggunakan Photoshop, khususnya untuk compress file-file data pribadi, data penting, atau data rahasia. Karena kalau menggunakan Compress PDF Online itu kita menggunggah file ke sistem orang lain, bisa dibilang kita memberikan data-data tersebut ke orang lain. Walaupun situs-situs yang admin sebutkan di atas itu situs terpercaya, tapi yaa kita gak pernah tau apa yang akan terjadi di masa mendatang. Iyaa kan? Kalau kamu mau compress file secara online, ada baiknya khusus untuk data-data yang terbilang gak penting. Contohnya seperti data-data pengeluaran selama pacaran sama mantan terdahulu.. Habis berapa tuh buat ngejajanin dan ngajak jalan-jalan? Mending dipake buat biaya resepsi kan~

Cukup sekian berbagi tips kali ini, semoga berhasil ya dan semoga tips ini bermanfaat.

Daftarkan email kamu, dapatkan update dari manzilku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel