Berwisata Ke Kota Manis

Sudah pernah berkunjung ke kota dengan julukan kota manis belum?
Pintu Gerbang Bandar Udara Iskandar



Kalau sudah, pasti sudah mengenal berbagai destinasi wisata yang ada di kota manis ini. Kalau belum, kami akan kasih tahu destinasi wisata apa saja yang ada di kota Pangkalan Bun, yaitu kota yang mendapatkan julukan sebagai kota manis. Pangkalan Bun ini berada di provinsi Kalimantan Tengah atau berjarak sekitar 455 km dari ibu kota provinsi Palangka Raya. Pangkalan Bun merupakan ibu kota kabupaten kotawaringin barat.


Pangkalan Bun dulunya dikenal dengan nama Pangkalanbuun, alasannya karena dulunya ada pelabuhan atau biasa disebut “pangkalan” yang berada di tepi Sungai Buun. Kini anak millennial yang berada di Pangkalan Bun dan sekitarnya menyingkat Pangkalan Bun menjadi “PBun” agar memudahkan pelafalannya.

Kota ini merupakan kedudukan Pangeran Ratu (Raja) Kerajaan Kotawaringin, setelah sebelumnya istana di Kotawaringin Lama ditinggalkan pada tahun 1841. Istana di Pangkalan Bun biasa dikenal sebagai Istana Kuning. Baju adat daerah masyarakat Pangkalan Bun identik dengan warna kuning pula. Masyarakat di Pangkalan Bun dan sekitarnya sangat mensakralkan warna kuning tersebut. Itu tadi sedikit pembahasan mengenai Pangkalan Bun, kali ini kita tidak sedang membahas sejarah Pangkalan Bun, melainkan kita akan menjelajahi destinasi wisata apa saja yang ada di Pangkalan Bun dan sekitarnya. Yukk… cari tau apa saja yang bisa dikunjungi di Pangkalan Bun dan sekitarnya.

Istana Kuning.  Tidak seperti namanya yang mengandung unsur warna kuning, istana kuning sama saja seperti istana kerajaan melayu biasanya, bahkan tidak ada dominasi arsitektur berwarna kuning di sana. Bangunan Istana sendiri terbuat dari Kayu Ulin. Istana Kuning merupakan peninggalan Kesultanan Kutaringin dan sempat terbakar pada tahun 1986 oleh seorang wanita yang tidak sehat mental bernama Draya. Tidak ada yang tersisa dari kebakaran tersebut. Kemudian dibangunlah replika istana pada tahun 2000. Di Istana Kuning kamu akan ditemani oleh pemandu istana yang siap menceritakan sejarah yang ada disana. Kamu akan di ajak berkeliling melihat-lihat kondisi Istana dan melihat benda-benda peninggalan Istana.

ISTANA KUNING


Sungai Arut. Sungai Arut berada di pinggiran kota Pangkalan Bun dan memanjang dari ujung ke ujung. Bagi kalian yang ingin merasakan sensasi menaiki perahu mesin kecil alias getek, bisa jalan-jalan ke Sungai Arut. Kalian akan diajak berkeliling sungai arut dari kelurahan Mendawai sampai Kampung Baru. Pemandangan yang ditawarkan adalah kehidupan masyarakat di pinggiran Sungai Arut. Kalian akan menyaksikan bagaimana rumah-rumah penduduk, bagaimana aktivitas masyarakat, dan tentunya kalian akan merasakan sejuknya air di Sungai Arut. Dan satu hal yang jangan dilupakan ketika jalan-jalan ke Sungai Arut adalah mencari spot foto di Kampung Warna.

Naik Getek di Sungai Arut

Bundaran Pancasila. Bundaran Pancasila merupakan pusat jajanan kota Pangkalan Bun. Seperti namanya, Bundaran Pancasila merupakan suatu bundaran pada umumnya dan terdapat suatu tugu yang di puncak tugu tersebut terdapat burung garuda yang merupakan lambang Negara Indonesia. Di sekeliling bundaran Pancasila terutama malam hari, akan nampak banyak keramaian. Di sekeliling bundaran  dengan mudah mendapatkan warung makan dan café. Berbagai jenis makanan di tawarkan di sana, berbagai jenis kelas warung makan dan café pun juga beragam.  Kamu juga bisa bersantai/melakukan aktivitas fitness di taman kota atau mungkin ingin sekedar melihat-lihat monument bersejarah yang ada di sana yaitu Monumen Palagan Sambi. Bagi yang datang bersama rekan-rekannya, boleh dicoba keseruan mengelilingi kawasan Bundaran Pancasila dengan odong-odong yang berhiaskan lampu warna-warni.

Bundaran Pancasila di Malam Hari

Tanjung Puting. Bagi yang suka wisata alam, ini cocok sekali untuk dijadikan destinasi wisata. Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) merupakan tempat konservasi orang utan Kalimantan. Selain orang utan, kamu juga bisa melihat berbagai jenis primata lainnya dan tentunya juga berbagai jenis burung di sana. Kalau beruntung kamu akan menemukan salah satu jenis buaya di sungai sekonyer. Berbagai ragam jenis tumbuhan juga ada di sana. Upss… jangan kaget juga jika nanti kamu menemukan babi hutan di sana. Untuk menuju TNTP kamu harus melalui pintu masuk Kecamatan Kumai, sekitar 20 menit menaiki kendaraan dari Pangkalan Bun. Dari Kumai kamu akan menaiki kapal wisata yang biasa disebut kelotok. Kamu akan menyusuri Sungai Sekonyer kurang lebih 4 jam dan jangan khawatir kamu akan bosan selama di perjalanan, karena kamu disuguhi pemandangan asri nan sejuk kawasan hutan tropis Kalimantan. Untuk info perjalanan, silahkan cari di situs-situs atau sosial media yang  menyediakan jasa perjalanan menuju TNTP.

Bundaran Pancasila di Malam Hari

Perjalanan menaiki kelotok di sungai sekonyer

Pantai di Kecamatan Kumai. Yang merasa anak pantai, harus coba jalan-jalan ke destinasi pantai yang ada di kecamatan Kumai, Pangkalan Bun. “Apa saja destinasi pantai yang ada di sana?”. Pertama kamu wajib kunjungi Pantai Kubu, karena Pantai Kubu adalah gerbang menuju Pantai Tanjung Keluang. Di Kubu kamu akan menemukan banyak wahana bermain anak-anak, kemudian kamu bisa berfoto di berbagai spot foto yang menarik di sana, selain itu kamu juga bisa menikmati pantai sambil mencicipi berbagai macam seafood yang dijajakan di sepanjang pinggir pantai. Kedua adalah pantai Tanjung Keluang, pantai ini merupakan tempat konservasi penyu. Pantai ini berada di seberang Kubu, untuk sekali menyeberang kamu dikenakan tarif Rp.10.000 dan tiket masuk berkisar Rp.5.000-Rp.10.000. “Murah kan?” iya murah sekali lah, karena semuanya akan terbayarkan dengan pemandangan pasir putih, merasakan sejuknya semilir angin di bawah rimbunan pohon cemara, menyaksikan anggunnya laut jawa, dan kamu juga bisa mencari kerang di pantai sepuasnya. Ketiga adalah Pantai Teluk Bogam, di sana ada fenomena unik yaitu kamu bisa menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam dari satu tempat. Berbeda dari pantai Kubu dan Tanjung Keluang, pantai ini memiliki ombak yang lebih besar karena lokasinya dekat dengan laut lepas. Pantai ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga/ teman untuk menikmati pesona pantai sekaligus makan bersama. Untuk kegiatan camping juga sangat memungkinkan di sana.

Wahana Bermain di Pantai Kubu
Pantai Kubu

Pelepasan penyu di Tanjung Keluang
Pantai Tanjung Keluang

Suasana Pantai Teluk Bogam
Pantai Teluk Bogam

Gosong Senggora. “Ada yang suka diving?” tenang, kami juga punya destinasi wisata bagi kalian para traveler yang hobi menyelam. Ini adalah surga tersembunyi bagi para penyelam. Gosong Senggora ini berada di Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat. Saat menyelam kamu akan disuguhi pasir putihnya, beningnya air laut, aneka macam ikan, rumput laut, terumbu karang yang cantik, dan apabila beruntung kamu akan melihat ikan Duyung atau Dugong di kawasan Gosong Senggora. Peralatan menyelam telah disediakan oleh pihak pengelola dan dapat disewa. Untuk menuju ke sana kamu perlu naik speedboat dari Pantai Tanjung Penghujan kira-kira 30 menit hingga sampai ke lokasi Gosong Senggora.

Terumbu Karang di Gosong Senggora

Pasir Putih Gosong Senggora

Obyek Wisata Kebun Kopi. Di Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat, terdapat obyek wisata kebun kopi yang menarik untuk dikunjungi. Di sana, wisatawan diajak melihat kebun kopi berjenis robusta dan liberica. Selain diajak melihat kebun, kamu juga akan diajak untuk melihat proses pengolahan kopi di dalam rumah warga dengan cara tradisional, yaitu menyangrai kopi dengan bahan bakar kayu bakar. Akan ada pemandu yang mengajak berkeliling dan menjelaskan kegiatan disana. Paket wisata yang ditawarkan oleh Kelompok Tani Kumpai Batu Atas mulai dari Rp.300.000. Untuk menuju Desa Kumpai Batu Atas, kamu menggunakan kendaraan pribadi dari pusat Kota Pangkalan Bun berjarak sekitar 19 kilometer.

Kebun Kopi di Kumpai Batu Atas

Menarik sekali bukan lokasi wisata yang dapat dikunjungi di Kotawaringin Barat. Kotawaringin Barat menyimpan sejuta pesona keindahan alamnya. Masih banyak sekali lokasi wisata yang dapat dikunjungi di Kotawaringin Barat. Mungkin saja tidak banyak yang tahu mengenai Kotawaringin Barat, karena jarang terekspos oleh media. Untuk itu, berkunjunglah ke Kotawaringin Barat untuk mengenal lebih jauh kota kami. Kami juga punya makanan khas bernama soto manggala, yaitu soto yang berbahan baku manggala (singkong). Unik bukan ada soto pakai singkong, yang biasanya pake nasi atau lontong. Kalau ingin mencicipi, jalan-jalanlah ke Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat.

Daftarkan email kamu, dapatkan update dari manzilku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel